STUDI KELAYAKAN BISNIS PENDIRIAN WORKSHOP AC PT INDUSTRI KERETA API (INKA)

Semakin banyaknya pilihan sarana transportasi bagi konsumen merupakan faktor pendorong utama para penyedia jasa transportasi untuk meningkatkan kualitas layanan dan kenyamanan, tak terkecuali penyedia jasa kereta api. Pemerintah mengambil kebijakan bahwa seluruh gerbong mulai kelas ekonomi harus dilengkapi fasilitas Air Conditioning (AC), baik gerbong yang sudah ada, maupun gerbong yang akan diproduksi. Kondisi tersebut menciptakan peluang bagi perusahaan yang bergerak dalam industri kereta api untuk menyediakan jasa instalasi AC, baik untuk gerbong lama maupun gerbong baru.

Sebagai salah satu pelaku dalam industri kereta api, PT Industri Kereta Api (PT INKA) bermaksud menangkap peluang tersebut dengan membuka workshop instalasi AC gerbong Kereta Api. Setelah melakukan seleksi terhadap pilihan-pilihan produk AC yang tersedia di pasar, PT INKA memutuskan memilih AC kereta api merek Toshiba dengan alasan : (1) efisiensi dalam penggunaan energi; (2) handal; dan (3) memiliki estetika. Permasalahan yang terjadi adalah, pemesanan produk AC jadi (CKD) tidak bisa dalam jumlah besar, dan tenggang waktu yang cukup lama, sementara proyeksi kebutuhan AC kereta cukup besar dan harus segera dilayani. Di sisi lain, jika pembelian AC tanpa instalasi kereta, hal tersebut bisa dilayani dalam kuantitas yang besar dan dalam waktu yang cepat. Untuk itu PT INKA bermaksud mendirikan Workshop Instalasi AC Kereta. Keputusan sebuah investasi berdasarkan analisis kelayakan proyek. Oleh sebab itu, studi Kelayakan bisnis ini dimaksudkan untuk memberikan jawaban terhadap layak tidaknya rencana investasi tersebut, berdasarkan analisis dari berbagai segi bisnis.

 

  1. A.   TUJUAN
  2. Menganalisis penilaian investasi pendirian Workshop AC pada PT. INKA Madiun sebagai pedoman dalam pengambilan keputusan.
  3. Menganalisis risiko untuk menghindari keterlanjuran pengeluaran modal yang besar jika ternyata pendirian Workshop AC pada PT. INKA Madiun tidak menguntungkan.
  4. Mengidentifikasi persoalan-persoalan yang mungkin timbul sehubungan dengan rencana pendirian  Workshop AC pada PT. INKA Madiun.
Hasil penelitian ini dapat diunduh secara lengkaap di Studi kelayakan bisnis INKA_ Workshop AC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Skip to toolbar